Linux

Upaya pemerintah untuk mendukung gerakan OSS ini terlihat jelas yaitu dengan mengeluarkan aturan-aturan seperti INPRES No.6 Tahun 2001, tentang Pengembangan dan Pendayagunaan Telematika di Indonesia, yang merupakan salah satu kerangka kebijakan dan strategi pengembangan teknologi informasi, pemerintah akan mendorong perkembangan industri informasi content dan aplikasi, dimana pendayagunaan perangkat lunak open source perlu mendapat perhatian khusus. Diikuti deklarasi bersama pencanangan program Indonesia, Go Open Source! Oleh lima lembaga /Institusi pemerintah pada Tahun 2004.

Selanjutnya Peraturan Presiden No.7, Tahun 2005 tentang RPJMN 2004-2009, adanya : Program peningkatan penggunaan open source system ke seluruh institusi pemerintah dan lapisan masyarakat. Terbitnya Surat Edaran Menteri Komunikasi dan Informatika No. 05/SE/M.KOMINFO/10/2005. Serta adanya surat edaran MENPAN No. SE/01/M.PAN/3/2009 yang berisikan seluruh instansi pemerintah pusat dan daerah sudah menggunakan software legal dan open source software dengan di tahun 2011 Adanya aturan-aturan serta surat edaran tentang penggunaan OSS ini cukup memberikan respon yang positif setidaknya pada tahun terakhir (2009) dan setelah dilakukan rangkaian-rangkiatan kegiatan sosialiasi serta pelatihan OSS yang di motori oleh Kementerian RISTEK, KOMINFO, rekan-rekan dari kalangan swasta serta komunitas OSS, terlihat di beberapa instansi pemerintah baik di pusat maupun daerah menyatakan minat dan siap melakukan migrasi ke open source software.

Kendala yang dihadapi dalam Migrasi OSS, kurangnya pemahaman mengenai open source, kesadaran tentang software legal, kompatibilitas data aplikasi, pendampingan sumber daya manusia yang terbatas, belum ada helpdesk, koordinasi antarunit yang kurang, dan distro OS yang terlalu banyak serta masyarakat belum menyadari besarnya penghematan yang dapat diperoleh dari Total Cost of Ownership (TCO) OSS yang jauh dibawah TCO Proprietary.

Setelah mengikuti pelatihan TOT Migrasi OSS di Ristek tanggal 17-20 Mei 2010, selama 4 hari dengan materi : Pengantar OSS & Strategi Migrasi OSS, Backup & Instalasi Linux, Sistem Administrasi & Setup Periperal, OpenOffice & Internet Client, Sistem jaringan dasar, Server Internet Gateway, Server E-Mail & DNS, Server File Server & repository, Troubleshooting. MAN 18 Jakarta siap Migrasi OSS khususnya di Laboratorium Komputer, dan komputer  di ruang Tata Usaha serta komputer Ruang Guru dan akan dilaksanakan ketika libur sekolah dan akan diadakan Sosialisasi Pengenalan OSS Linux serta aplikasi perkantoran yang disertainya.

Materi dan buku panduan untuk mata pelajaran TIK berbasis OSS kami download di BSE Depdiknas dengan alamat :

Semoga rencana Migrasi dapat berjalan dengan lancar dan dapat dukungan dari komunitas linux pendidikan dan pihak sekolah,

Satu Balasan ke Linux

  1. Fitra Okay berkata:

    asl.wr.wb.
    kok materinya gak bisa di buka???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s