GAHARU 8 TAHUN MENDATANG PULUHAN JUTA JADI RATUSAN JUTA DARI 100 POHON

GAHARU merupakan tanaman yang mempunyai nilai ekonomi yang sangat tinggi, sehingga sangat tepat apabila dikembangkan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat IndonesiaHampir semua bagian pohon gaharu ini dapat dimanfaatkan untuk bahan baku produk, praktis tidak ada bagian yang terbuang. Kayu gaharu yang terinfeksi atau disebut gubal mempunyai nilai jual yang sangat tinggi, sementara gubal gaharu kualitas rendah dapat disuling untuk produksi minyak dengan harga yang sangat menjanjikan. Daun gaharu dapat dimanfaatkan untuk pembuatan teh gaharu. Turunan produk gaharu pun semakin hari semakin meningkat variasinya, menempatkan pohon gaharu sebagai pohon industri. Manfaat gaharu diantaranya adalah pewangi rungan, bahan baku industri parfum ekslusif, bahan baku industri kosmetika, bahan baku untuk bahan obat (kanker, asmatik, perangsang, dll), bahan HIO (untuk ritual agama hindu, budha dan Kong Hu Chu), bahan Kohdoh (jepang), serta daunnya dimanfaatkan untuk teh hijau (agarwood tea). Harga gubal gaharu bervariasi tergantung grade(kualitas), harga gubal gaharu grade super di pasar lokal mencapai Rp 25 jt/kg, sedangkan harga terendah Rp 50 ribu/kg untuk kayu gaharu yang tidak mengandung resin sama sekali.

Negara potensial pemakai gaharu (pengimpor) adalah Saudi Arabia, Kuwait Yaman, United Emirat, Turki, Singapura, Jepang, dan Amerika. Kebutuhan gaharu dari tahun ke tahun terus meningkat berbanding lurus dengan harganya. Sementara stok gaharu alam semakin menurun akibat ditebang terus-menerus tanpa diimbangi penanaman. Kebutuhan gaharu dunia terus meningkat sehubungan dengan semakin meningkatnya pemanfaatan gaharu terutama untuk obat-obatan di China. Kebutuhan obat merupakan kebutuhan pokok umat manusia, yang keberadaanya sangat dibutuhkan manusia.

Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil gaharu terbesar di dunia, namun saat ini potensinya menurun, bahkan gaharu sudah menjadi jenis yang langka ditemukan. Beberapa jenis pohon penghasil gaharu sebagian besar termasuk dalam famili Themeleaceae, terutama dari genus Aquilaria dan Gyrinops, yang dapat menghasilkan gubal gaharu dengan kualitas terbaik (harga tinggi). Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam penanaman gaharu diperlukan pengetahuan yang memadai dalam bidang silvikultur (teknik budidaya) dan teknologi untuk mempercepat mendapatkan gubal gaharu (inokulasi). Tanpa mengetahui kedua masalah tersebut diatas, rasanya sulit untuk mendapatkan hasil gaharu yang memuaskan. Perlu diketahui bahwa tidak semua pohon gaharu menghasilkan gubal gaharu, hanya pohon yang terinfeksi cendawan tertentu saja yang dapat menghasilkan gubal gaharu. Sehingga secara alami pohon gaharu yang dapat menghasilkan gubal, prosentasenya sangat kecil, Oleh karena itu diperlukan teknologi inokulasi untuk mempercepat terbentuknya gubal gaharu. Ayo lestarikan hutan Indonesia demi generasi mendatang.

disadur dari http://www.n4gn.net/?m=&id=selamet

UD.GAHARU HITAM MALANG
menyediakan bibit gaharu dan jasa inokulasian yang langsung di tangani dari dept kehutanan.
serta menjual jamur fusarium sebagai penghitam kayu gaharu,dalam jarak 3bln setelah inokulasian akan tampak hasil nya.sekilas tentang gaharu

MENGENAL GAHARU :
Gaharu merupakan bahan berbentuk kayu yang mengandung resin atau damar dan bila dibakar akan mengeluarkan aroma wangi yang khas. Komoditi ekspor ini mempunyai nilai jual yang tinggi baik di pasar nasional maupun internasional sehingga dapat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat. Di dunia perdagangan gaharu dikenal dengan nama agarwood, aloe wood, dan eagle wood, oud (Timur tengah), dan Cing (Cina).
Gaharu diperoleh dari bagian (akar, batang, cabang) pohon gaharu dengan nama-nama daerahnya antara lain : calabac, karas, kekaras, mengkaras (Dayak), galoop (Melayu), halim (lampung), alim (Batak), kareh (Minang), age (Sorong), bokuin (Morotai), lason (Seram), Ketimunan (Lombok), ruhuwama (Sumba), dan seke (Flores). Ada beberapa jenis pohon gaharu, antara lain yang saat ini sedang banyak dibudidayakan oleh masyarakat di indonesia adalah jenis Gyrinops spp. Dan Aquilaria spp. Kedua jenis tersebut menghasilkan gaharu dengan kualitas yang tinggi sehingga sangat diminati masyarakat untuk dibudidayakan.
Aroma wangi atau harum dengan cara membakar secara sederhana banyak dilakukan oleh masyarakat Timur Tengah (seperti Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Yaman, Oman) sebagai pengharum tubuh dan ruangan, sedangkan penggunaan yang lebih bervariasi banyak dilakukan di Cina, Korea, dan Jepang seperti bahan baku industri parfum, obat-obatan, kosmetika, dupa, dan pengawet berbagai jenis asesoris serta untuk keperluan kegiatan religius.

BUDIDAYA GAHARU :
Pada mulanya pohon gaharu banyak dijumpai dalam hutan alam, namun perburuan gaharu yang tidak terkendali sejak tahun 1980-an sebagai akibat tingginya permintaan konsumen menyebabkan pohon gaharu di alam semakin langka. Untuk memenuhi permintaan konsumen yang masih tinggi tersebut, maka cara yang dapat dilakukan adalah dengan membudidayakannya atau
menanam kembali baik di dalam hutan maupun di lahan-lahan milik masyarakat. Budidaya gaharu telah mulai dilakukan sejak tahun 1990-an dan berkembang terus di wilayah Indonesia terutama oleh masyarakat di Pulau Sumatera, Kalimantan dan Lombok. Sejak 5 tahun terakhir ini, masyarakat di Pulau Jawa mulai tertarik dan ramai-ramai menanam bibit pohon gaharu di lahan-lahan miliknya. Budidaya pohon gaharu ini diharapkan semakin berkembang pesat agar dapat memproduksi gaharu dengan baik untuk memenuhi permintaan konsumen dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Usaha budidaya pohon gaharu ini merupakan salah satu investasi jangka menengah dengan hasil yang menjanjikan.
Pohon gaharu dapat tumbuh baik pada lahan dataran rendah hingga perbukitan hingga mencapai ketinggian 800 meter di atas permukaan laut dengan kondisi tanah lembut liat berpasir (pH : 4,0 – 6,0). Pola tanam pohon gaharu dapat dilakukan dengan pola monokultur (sejenis) dan polikultur (campuran). Penanaman pola monokultur dilakukan dalam lahan kosong dengan jarak 2 x 2 m, 2 x 3 m dan 3 x 3 m. Sedangkan penanaman pola polikultur dapat dilakukan bersama dengan tanaman keras lainnya seperti : coklat, karet, kopi, kelapa sawit, sengon, atau ditanam dalam pekarangan/perladangan yang sudah ada kumpulan tanamannya (pengkayaan).

PROSES PEMANENAN GAHARU :
Untuk mendapatkan produk gaharu harus melalui proses pemanenan (rekayasa produksi), yaitu dengan teknik induksi jamur atau pathogen ke dalam pohon gaharu. Teknik induksi atau inokulasi yang berkembang saat ini adalah teknik pengeboran dan penyuntikan. Gaharu akan terbentuk sebagai akibat dari proses fisiologis pohon yang bertahan hidup setelah diserang oleh jamur atau pathogen yang dimasukkan (induksi) ke dalam jaringan kayu melalui akar, batang dan cabang pohon. Pemanenan gaharu sebaiknya dilakukan minimal selama 3 tahun setelah proses induksi (inokulasi). Gaharu yang terbentuk dapat dibedakan dalam 3 kelas kualitas yaitu : gubal gaharu, kemedangan gaharu dan abu gaharu. Harga ketiga kelas kualitas tersebut berbeda-beda. Untuk kelas gubal gaharu, harga tertinggi di pasaran dapat mencapai Rp. 60 juta per kilogram. Sedangkan harga kemedangan gaharu berkira antara Rp. 3 juta – 20 juta per kilogram. Kayu gaharu dapat disuling menjadi minyak gaharu dengan harga berkisar antara Rp. 50 ribu – 150 ribu per cc.

PROSPEK INVESTASI GAHARU :
Di bawah ini memperlihatkan secara garis besar kelayakan investasi atau usaha budidaya pohon gaharu sebagai berikut : (Investasi dihitung per 100 pohon atau luas 400 m2 dengan jarak tanam 2 x 2 m)
1. Biaya pembelian bibit                                  : 100 x Rp. 15.000,- : Rp. 1.500.000,-
2. Biaya penanaman                                       : 100 x Rp. 5.000,- : Rp. 500.000,-
3. Biaya perawatan (termasuk pemupukan)   : 100 x Rp. 100.000,- : Rp. 10.000.000,-
4. Biaya proses inokulasi                                : 100 x Rp. 150.000,- : Rp. 15.000.000,-
5. Biaya proses pemanenan                           : 100 x Rp. 100.000,- : Rp. 10.000.000,-
6. Biaya angkutan, penjagaan, dll.                  : 100 x Rp. 10.000,- : Rp. 1.000.000,-

Jumlah biaya pengeluaran : Rp. 38.000.000,-

6. Hasil penjualan gubal : 100 x 0,5 kg x Rp. 3.000.000,- : Rp. 150.000.000,-
7. Hasil penjualan kemedangan 100 x 5 kg x minimal Rp. 500.000,- : Rp. 250.000.000,-

Jumlah pendapatan : Rp. 350.000.000,-

TOTAL KEUNTUNGAN : Rp. 350.000.000 – Rp. 38.000.000 : Rp. 312.000.000,-

melayani inokulasian keseluruh indonesia

tak perlu risau jika nanti sudah bisa jadi ,karena kita menerima jual beli gaharu baik kayu ,tingkat kamedangan hingga gubal.
bisa kirim ke seluruh wilayah indonesia dan juga bisa melayani inokulasian ke seluruh indonesia.

Tentang jamik76

Jamik Udin Andika Guru TIK MA Al Maarif Didiklah anak-anakmu dengan cara/pola yang berbeda dengan kamu, karena mereka itu dilahirkan untuk hidup pada zaman yang berbeda dengan zamanmu (Umar Bin Khatab)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

33 Balasan ke GAHARU 8 TAHUN MENDATANG PULUHAN JUTA JADI RATUSAN JUTA DARI 100 POHON

  1. siti winarsih berkata:

    cara pemesanan bibit

  2. Syahrul berkata:

    bos,sy puny pohon gaharu kalimantan tepatny d kalteng,diameter 25 sd 100cm..tp terkendala bhn inokulan nya,dmana bs dpt kn bahannya ,mhn info?

    • rudi berkata:

      Saya punya kayu gaharu dan galih/ gubalnya, jenis aquilaria malacensis..insyalloh tidak kecewa, smntara masih glondongan untk lbih myakinkan pembeli, saya berminat segra menjualnya,smntara ada 2 kuintal, gubalnya masih didalam glondongan kayu, dan insyalloh kalo ini segra terjual saya mash mmpunyai stok yang super, saya BERNIAT MENJUALNYA SEGERA, BAGI YANG BERMINAT SEGRA HUBUNGI SAYA,
      Hubungi saya.. rudi surabaya, 082393992448

  3. muhammad marzuki berkata:

    itu minimal berapa tahun dari mulai penanaman sampai panen..???

  4. erfan berkata:

    Harga Per pohon berapa gan..??? Kalo kirim ke daerah Lamongan minimal berapa pohon gan.?

  5. Heriyono berkata:

    1 pohon b isa menghasilkan berap gubah/uang minimal rata2.. gan….???

  6. mambaul ulum berkata:

    dimana alamat UD gaharu hitam malang?

  7. anambas nala berkata:

    Klau pesan 500 btg berapa dan brp 1 pohon ya pak…..
    Dan klau inokulasi 1 pohon berap biaya inokulasinya pak…..

  8. eko berkata:

    bz, dimana ane dapatkan bibit gaharu jenis ghripnop? ane berada di MALANG

  9. Agus Prayitno berkata:

    Bantu jualin pohon gaharu saya bos…………

  10. Ayub hendri berkata:

    Pak kami punya gaharu di sumatera utara tepatnya ditapteng dan lg dikerjakan,jadi mohon bantuannya,karena kami takut di bodohi. Email dan facebook ku ayubhendri@yahoo.com

  11. Deny irawan berkata:

    Mf bos umur brp tahun gaharu di inokulasi?brp tahun bisa dipanen thanks?

  12. ngurah agung, berkata:

    Saya punya 80an pohon gaharu yang umurnya sudah puluhan tahun, sya mau jual nih, mungkin agan2 ada yg berminat membeli ? Tempatnya di karangasem, bali😀

  13. You bro berkata:

    Sy punya 100 pohon gaharu dg diameter 50-90. yg sudah di suntik dg obat perangsang,apa bisa u di jual ke tempat bpk?

  14. idrissurono berkata:

    Sy dari NTT. Sy ada kayu gaharu mau jual..081313897134.trimsh

  15. BISA GAK PANEN NYA DI PERCEPAT

  16. Innox Arafik berkata:

    saya punya gaharu sudah disuntik kira juragan mau ambil tidak kayu saya?lokasi di Riau tepatnya di Rokan hilir,ada satu pohon tapi bercabang 4,rata2satu batang diameternya 60cm

  17. anto berkata:

    di jual 1200 pohon gaharu umur 12 tahun dimeter 35-45cm lokasi kalimantan timur dijual Rp. 1.500.000/pohon jika berminat hub. anto_bunyu@yahoo.com 085222440659

  18. Muhammad Nasir berkata:

    Bisah kami mendapatkan raskin atau obat untuk inokulen penyuntikan gaharu,berapa harga perbotolnya

  19. Muhammad Nasir berkata:

    Kami dari riau, bisah kami mendapatkan cairan vaksin untuk inokulasi gaharu, berapa harga perliternya

  20. cek awi berkata:

    itu bohong semua kalau mau menanam kayu gaharu hub sy

  21. adha berkata:

    terima daun gaharu gak,saya punya banyak.

  22. Riwayat berkata:

    ni saya ada bibit gaharu sekitar 6000 batang, di wilayah way kanan lampung siapa yang berminat silahkan call aja ke 0853 0723 0037

  23. Titus berkata:

    Saya ingin menanam gaharu di wilayah Sulawesi Selatan (Makassar), mhn info dan cara pemesanan bibit termasuk harga bibit serta persyaratan lainnya. Trims

  24. Bakri Hasibuan berkata:

    yg ada gaharu di rokan hilir bs mintak ndak no hpnya, tlg hubungi saya,n karna sy minat gaharu anda, hp sy 081371572574 tks .

  25. maswid berkata:

    saya punya 4500 pohon gaharu di seruyan kalimantan tengah, midle rata2 sudah diatas 20 cm, siap di inokulasi, sya jual per batangnya 7 juta, berminat hubungi 085752345464

  26. aisya berkata:

    assalamu alaikum wrb….
    nama saya pak gufron,kami petani gaharu di propinsi riau .
    kami punya minyak gaharu 200 kg ,hasil kebun kami sendiri yang luas 2 hektar.
    ini hasil panen minyak pertama dari kebun kami ,kami sangat berharap bisa mendapatka harga yang layak dari buyer pembeli hasil minyak gaharu …
    kami butuh informasi dari para buyer dan bisa menghubungi kami di no pribadi keluarga 0823 84 222 566 dengan melalui bantuan anak saya aisya kami sekeluraga di riau sangat membutuhkan informasi dari anda
    terimakasih……….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s