SOLUSI TEKNOLOGI PC-CLONING KEBUTUHAN BANYAK KOMPUTER DENGAN HEMAT, MUDAH & AMAN

TUGAS MANDIRI

MATA LATIH KARYA TULIS ILMIAH

SOLUSI TEKNOLOGI PC-CLONING KEBUTUHAN BANYAK KOMPUTER DENGAN HEMAT, MUDAH & AMAN

Dosen : Drs. SUYOTO, M.Pd.

Oleh :

Nama : JAMIK UDIN ANDIKA, S.P
Nomor peserta : 10032022420150
Asal sekolah : MA ALMA’ARIF Jepara
Mapel : TIK

PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PROFESI GURU(PLPG)
IKIP PGRI SEMARANG
SERTIFIKASI GURU RAYON 39
2010
ABSTRAKSI

KATA KUNCI : PC CLONING, LAB KOMPUTER, DAN HEMAT

PC-CLONING adalah sebuah teknologi mutakhir yang memungkinkan sebuah komputer (CPU) standar dapat dipakai bersama oleh lebih dari 1 user.
Anda akan menghemat pengeluaran karena cukup membayar 1 (unit) CPU untuk dipakai banyak pemakai sekaligus. Para pemakai akan merasakan seperti mempunyai komputer sendiri saat memakai aplikasi pada sistem PC-CLONING seperti : aplikasi office, grafis, browsing, email, dan multimedia.
Setiap pemakai memiliki keyboard, mouse, layar, pengaturan (setting), aplikasi dan data file sendiri-sendiri. Setiap pemakai dapat memakai aplikasi yang sama dan/atau berbeda dengan pemakai lain tanpa ada masalah.
Permasalahan dalam pembuatan laboratorium computer ini diperlukan teknologi yang tepat guna, sehingga melalui artikel hasil pemikiran ini kami tawarkan pembuatan dan perancangan laboratorium tersebut. Selain itu pula dalam pembuatan jaringan komputer dan maintenancenya diperlukan keahlian khusus sehingga diharapkan kerusakan atau masalah yang terjadi pada Lab. Komputer (hardware, software, jaringan serta internet) dapat segera diatasi.
Kelebihannya hemat Memotong biaya pengadaan (hardware dan lisensi software), biaya operasional (seperti listrik) dan biaya perawatan (maintenance) hingga 70%. Kelemahannya memperpendek umur hardware.Bayangkan jika misalnya sebuah server harus melayani 50 unit komputer client secara terus menerus, maka lama-kelamaan hardware server akan aus.

SOLUSI TEKNOLOGI PC-CLONING KEBUTUHAN BANYAK KOMPUTER DENGAN HEMAT, MUDAH & AMAN
BAB I
LATAR BELAKANG
1.1 PENDAHULUAN
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab IV Pasal 10 menyatakan bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah berhak mengarahkan, membimbing, dan mengawasi penyelenggaraan pendidikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Selanjutnya, Pasal 11 Ayat (1) juga menyatakan bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib memberikan layanan dan kemudahan, serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tanpa diskriminasi. Dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, wewenang Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan pendidikan di daerah menjadi semakin besar. Lahirnya kedua undang-undang tersebut menandai sistem baru dalam penyelenggaraan pendidikan dari sistem yang cenderung sentralistik menjadi lebih desentralistik.
Kurikulum sebagai salah satu substansi pendidikan perlu didesentralisasikan terutama dalam pengembangan silabus dan pelaksanaannya yang disesuaikan dengan tuntutan kebutuhan siswa, keadaan sekolah, dan kondisi sekolah atau daerah. Dengan demikian, sekolah atau daerah memiliki cukup kewenangan untuk merancang dan menentukan materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran.
Untuk itu, banyak hal yang perlu dipersiapkan oleh daerah karena sebagian besar kebijakan yang berkaitan dengan implementasi Standar Nasional Pendidikan dilaksanakan oleh sekolah atau daerah. Sekolah harus menyusun kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) atau silabusnya dengan cara melakukan penjabaran dan penyesuaian Standar Isi dan Standar Kompentensi Lulusan yang ditetapkan dengan Permendiknas No. 23 Tahun 2006.

Di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dijelaskan:
• Kurikulum dan silabus SD/MI/SDLB/Paket A, atau bentuk lain yang sederajat menekankan pentingnya kemampuan dan kegemaran membaca dan menulis, kecakapan berhitung serta kemampuan berkomunikasi (Pasal 6 Ayat 6)
• Pengurus Pondok Pesantren, atau madrasah dan komite madrasah, mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan silabusnya berdasar¬kan kerangka dasar kurikulum dan standar kompetensi lulusan di bawah supervisi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota yang bertangung jawab terhadap pendidikan untuk SD, SMP, SMA, dan SMK, serta Departemen yang menangani urusan pemerintahan di bidang agama untuk MI, MTs, MA, dan MAK ( Pasal 17 Ayat 2)

Perencanan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar (Pasal 20)
Berdasarkan ketentuan di atas, daerah atau sekolah memiliki ruang gerak yang seluas- luasnya untuk melakukan modifikasi dan mengembangkan variasi-variasi penyelengaraan pendidikan sesuai dengan keadaan, potensi, dan kebutuhan daerah, serta kondisi siswa. Untuk keperluan di atas, perlu adanya panduan pengembangan silabus untuk setiap mata pelajaran, agar daerah atau sekolah tidak mengalami kesulitan.
Dewasa ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin cepat, persaingan global untuk menjadi yang terdepan dalam menguasainya, menjadi suatu keharusan untuk dicapai. Salah satu teknologi yang semakin pesat perkembangannya adalah Komputer. Komputer saat ini, seakan telah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dan menjadi kebutuhan primer bagi setiap individu. Dengan komputer setiap orang bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan lebih efektif dan efisien. Dalam era modern dengan tingkat kompetisi global yang sangat tinggi, peguasaan teknologi komputer terutama software-software aplikasi menjadi sebuah kebutuhan yang mutlak. Sehingga diperlukan juga media dan training khusus untuk mempelajarinya.
Peserta didik di madrasah merupakan bagian yang terintegrasi dari perkembangan tekologi dewasa ini, output yang dihasilkan diharapkan mampu menjadi seorang individu yang mandiri, cerdas dan ditunjang dengan tingkat penguasaan teknologi yang tinggi. Untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan media dan sarana yang terintegrasi untuk mewujudkannya. Oleh karena itu sudah saatnya sekolah memiliki sebuah laboratorium komputer multimedia yang bisa meningkatkan kemampuan (skill) peserta didiknya. Laboratorium Komputer yang mampu memberikan Life Skill Training yang berguna untuk meningkatkan posisi dan daya saing peserta didik dalam persaingan untuk mendapatkan lebih luas lagi peluang pekerjaan dimasa yang akan datang.
Mahalnya biasa pengadaan membuat sekolah atau madrasah yang memiliki keterbatasan biaya hingga saat ini belum mampu memiliki Laboratorium Komputer. Selain pengadaan yang mungkin susah dijangkau akan terbentur juga masalah perawatan yang juga tidak sedikit. Olehnya itu ada solusi agar dengan biaya yang relatif hemat namun dapat memiliki jumlah unit yang tidak kalah saing dengan Lab Komputer yang sebenarnya.
PC-CLONING adalah sebuah teknologi mutakhir yang memungkinkan sebuah komputer (CPU) standar dapat dipakai bersama oleh lebih dari 1 user.
Anda akan menghemat pengeluaran karena cukup membayar 1 (unit) CPU untuk dipakai banyak pemakai sekaligus. Para pemakai akan merasakan seperti mempunyai komputer sendiri saat memakai aplikasi pada sistem PC-CLONING seperti : aplikasi office, grafis, browsing, email, dan multimedia.
Setiap pemakai memiliki keyboard, mouse, layar, pengaturan (setting), aplikasi dan data file sendiri-sendiri. Setiap pemakai dapat memakai aplikasi yang sama dan/atau berbeda dengan pemakai lain tanpa ada masalah.

Fitur Dan Keunggulan Pc-Cloning
 Hanya memakai sebuah komputer (CPU) dengan efisien untuk digunakan bersama hingga 30 pemakai sekaligus
 Memotong biaya pengadaan komputer (CPU) dalam jumlah besar secara signifikan
 Memotong biaya operasional rutin, seperti listrik bulanan dan maintenance (perawatan)
 Mudah dipasang, dipelihara dan aman.
 Setiap user dapat menjalankan aplikasi standar (spt : office, grafis, games) termasuk aplikasi multimedia dan video full-screen
 Mendukung resolusi standar & widescreen s/d 1280×1024 atau 1440×900 atau 1600×1200, baik 16 bit, 24 bit atau 32 bit warna
 Praktis dan handal dalam pemakaian
 Bentuk yang kecil sehingga hemat tempat (kira2 seukuran telapak tangan orang)
 Hemat energi, hanya butuh 1 watt/pemakai (seri X), 2 watt/pemakai (seri U) dan 5 watt/pemakai (seri L dan SUNDE) dan tidak menghasilkan panas
 Didukung oleh teknologi software terbaru vSpace (untuk jenis NComputing), yang sudah melalui proses pengembangkan dan penyempurnaan selama 12 tahun, yang telah dipakai oleh jutaan pemakai pc-cloning NComputing di seluruh dunia
 Dapat digunakan pada sistem operasi (OS) : Windows (XP Profesional/2003 Server/2008 Server) dan Linux Ubuntu
 Cocok untuk lab komputer sekolah/kampus, perkantoran/usaha, front office/kasir, rental komputer, warnet, akses umum, rumah sakit, ticketing, atau rumahan, dll
 Teknologi PC-CLONING (NComputing) ini telah digunakan di berbagai belahan dunia, seperti : AS, Macedonia, Turki, Australia, Afrika Selatan, Korea Selatan, Thailand, dsb.

1.2. RUMUSAN MASALAH
Tujuan dari pembuatan laboratorium computer berbasis PC Cloning ini adalah :
1. Menyadarkan siswa akan potensi perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang terus berubah sehinga siswa termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat.
2. Memotivasi kemampuan siswa untuk bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi sehingga siswa bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan sehari-hari secara mandiri dan percaya diri.
3. Mengembangkan kemampuan kompetensi siswa dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar, dan berbagai aktifitas dalam aspek kehidupan sehari – hari
4. Mengembangkan kemampuan belajar berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal dan terampil dalam berkomunikasi, mengorganisasi informasi, belajar dan bekerjasama.
5. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif dan bertanggung jawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja dan pemecahan masalah.
6. Mempermudah dan mempercepat proses pengoreksian, penilaian dengan pengoreksian computer.
7. Meminimalisir anggaran sekolah, yang tujuan utamanya sama yaitu berkeinginan agar sekolah dapat memiliki laboratorium komputer yang jumlah unitnya lengkap satu kelas (Sesuai jumlah siswa setiap kelas)

BAB II
PEMBAHASAN MASALAH

Setiap mata pelajaran mempunyai karakteristik yang khas. Adapun karakteristik
Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah sebagai berikut:
1. Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan keterampilan menggunakan komputer meliputi perangkat keras dan perangkat lunak. Namun demikian Teknologi Informasi dan Komunikasi tidak sekedar terampil, tetapi lebih memerlukan kemampuan intelektual.
2. Materi Teknologi Informasi dan Komunikasi berupa tema-tema esensial, aktual serta global yang berkembang dalam kemajuan teknologi pada masa kini, sehingga mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan pelajaran yang dapat mewarnai perkembangan perilaku dalam kehidupan.
3. Tema-tema esensial dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan perpaduan dari cabang-cabang Ilmu Komputer, Matematik, Teknik Elektro, Teknik Elektronika, Telekomunikasi, Sibernetika dan Informatika itu sendiri. Tema-tema esensial tersebut berkaitan dengan kebutuhan pokok akan informasi sebagai ciri abad 21 seperti pengolah kata, spreadsheet, presentasi, basis data, Internet dan e-mail. Tema-tema esensial tersebut terkait dengan aspek kehidupan sehari-hari.
4. Materi Teknologi Informasi dan Komunikasi dikembangkan dengan pendekatan interdisipliner dan multidimensional. Dikatakan interdisipliner karena melibatkan berbagai disiplin ilmu, dan dikatakan multidimensional karena mencakup berbagai aspek kehidupan masyarakat.

System ini dapat digunakan oleh semua kalangan yang memiliki computer lebih dari satu unit seperti :
• Kantor pemerintahan dan swasta
• Lembaga pendidikan seperti sekolah. perguruan tinggi atau lembaga kursus.
 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).
 Dan lain-lain
Dalam pembuatan laboratorium computer ini diperlukan teknologi yang tepat guna, sehingga melalui artikel hasil pemikiran ini kami tawarkan pembuatan dan perancangan laboratorium tersebut. Selain itu pula dalam pembuatan jaringan komputer dan maintenancenya diperlukan keahlian khusus sehingga diharapkan kerusakan atau masalah yang terjadi pada Lab. Komputer (hardware, software, jaringan serta internet) dapat segera diatasi.
Dengan PC-Cloning NComputing seri X akan lebih ekonomi dan efisien Anda dapat dengan mudah menurunkan kebutuhan komputasi dan biaya operasional hingga 70%. Anda juga akan menghemat biaya listrik. Yang sangat efisien menggunakan PC-Cloning NComputing seri X hanya menggunakan daya 1 watt per pengguna (dibandingkan hingga 110-300 watt untuk PC biasa). Dengan usia kerja alat (useful life) yang panjang, dan berat hanya beberapa ons, solusi PC-Cloning NComputing ini juga sangat mengurangi limbah elektronik (e-waste). Sehingga jelas ini merupakan solusi komputasi terhijau di bumi.
PC-Cloning NComputing seri X memanfaatkan sumber daya (resources) yang tidak terpakai pada sebuah komputer induk (Host) sehingga sebelas pengguna dapat secara bersamaan berbagi satu PC. Setiap user mendapatkan ruang kerja virtual mereka sendiri (aplikasi, setting, file, dan preferensi), tetapi dengan biaya yang begitu kecil dibandingkan jika menggunakan komputer-komputer biasa secara sendiri-sendiri. Jadi, meskipun sebelas orang berbagi sistem tunggal, masing-masing mereka mendapatkan kesempatan menikmati pengalaman berkomputer seperti sendiri-sendiri.
Gambaran instalasi peripheral PC-Cloning NComputing seri X Mudah untuk menginstal Setiap kit PC-CLONING NComputing seri X terdiri atas perangkat lunak virtualisasi desktop, vSpace ™, sebuah kartu PCI, dan perangkat akses XD2 (untuk setiap user). Setiap kit PC-Cloning NComputing X350 menambahkan 3 (tiga) pengguna baru, sedangkan kit PC-CLONING NComputing X550 menambahkan 5 (lima) pengguna baru.
Instalasi (setup) yang mudah: hanya memasang kartu PCI dan perangkat lunak virtualisasi pada PC Induk yang dipakai-bersama (PC Host). Kemudian sambungkan perangkat akses XD2 ke kartu PCI dengan kabel UTP standar (straight). Akhirnya, hubungkan masing-masing monitor, keyboard, dan mouse untuk setiap pengguna dengan perangkat akses XD2. Hanya itu, sesederhana pemasangan barang rumah tangga. Sekarang, banyak pengguna dapat menikmati desktop virtual mereka sendiri secara independen. Tambahkan kit kedua dan bahkan lebih banyak pengguna dapat secara bersamaan berbagi satu PC, hingga 7 pemakai dengan 2 kit 350 atau sampai 11 user dengan 2 kit X550.

Dengan 1 kit X550, 1 PC Host dapat digunakan oleh 6 user sekaligus
Dengan 2 kit X550, 1 PC Host dapat digunakan oleh 11 user sekaligus
Kit NComputing dapat ditempelkan pada bagian belakang monitor LCD
Powerfull & fleksibel Software aplikasi berjalan secara bersamaan dan secara independen pada setiap desktop virtual. Pengguna bahkan tidak tahu bahwa mereka berbagi PC! Staf Anda dan pengguna tidak perlu pelatihan khusus. Mereka juga akan senang mendapatkan ruang lapang di meja mereka kembali – perangkat akses XD2 kecil sehingga dapat dipasang di belakang monitor LCD, tidak bising, , dan tidak memiliki bagian yang bergerak. Namun mereka memberi setiap user Windows atau Linux lingkungan kerja yang memadai. Pengguna dapat menikmati multimedia dengan suara dan video full-motion pada resolusi layar hingga 1280×1024 atau 1440×900 (widescreen).
Spesifikasi Teknis Perangkat Keras
Ukuran Perangkat akses XD2: Panjang: 119 mm, Lebar: 82 mm, Tinggi: 27 mm
X350: setengah-tinggi kartu PCI cocok dalam bentuk kecil-faktor atau PC berukuran penuh
X550: setinggi-penuh kartu PCI memerlukan PC berukuran penuh
Pemasangan ke Monitor XD2 mengakses perangkat telah tersedia lubang bawaan untuk menempelkan ke bagian belakang monitor yang mendukung lubang pemasangan sesuai VESA. Dua sekrup tiap perangkat akses XD2 disertakan.
Listrik Tidak ada adapter daya eksternal diperlukan
Daya untuk perangkat akses yang disediakan oleh kartu PCI melalui Cat 5e atau Cat 6 kabel
Kebutuhan daya akses XD2 setiap perangkat ini sekitar 1 watt
Monitor hemat-daya Mendukung modus-modus hemat daya dengan Energy Star-compliant monitor
Indikator LED pada XD2 LED hijau yang terletak di depan menunjukkan daya perangkat akses / sambungan
Resolusi video 1440×900, 1360×768, 1280×1024, 1280×800, 1280×720, 1024×768, dan 800×600, 16 bit warna, 60 Hz refresh rate
Koneksi ke PC Induk (PC Host) Kabel UTP Standar Category 5e (unshielded twisted pair) kabel sampai 5 meter / 16 kaki
Kabel STP Standar Kategori 6 (terlindung twisted pair) kabel hingga 10 meter / 33 kaki
Audio Output stereo speaker melalui port
Keamanan data Tidak ada perangkat penyimpanan data pada lokal
Port USB pada PC bersama dapat diberikan kepada pengguna yang berbeda (Catatan: user yang butuh akses ke port USB memerlukan perpanjangan kabel USB yang terpisah – tidak termasuk.)
Sertifikasi FCC Class B, CE, MIC, RoHS
Kisaran suhu operasi
dan kelembaban 0-40 derajat Celsius
10-85% kelembaban relatif (tidak-mengembun)
Perangkat Lunak Virtualisasi Desktop vSpace
Sistem Operasi (OS) yang mendukung sistem operasi PC Host dapat berupa Windows XP SP2/SP3, Windows Server 2003 R2 SP2 (Standar atau Enterprise Edition, 32-bit) atau Ubuntu Linux.
Kunjungi bagian dukungan NComputing website untuk sistem operasi terbaru dukungan informasi.

Konfigurasi dan Spesifikasi PC Induk (Host) Untuk satu seri X-kit (X550 dengan X350 atau 2-6 pengguna), sebuah PC Host harus memiliki
sebuah processor minimal 2.4 GHz atau apapun prosesor dual-core dan RAM 1 GB.Untuk instalasi kartu ganda (dua kit X350 atau dua kit X550 dengan 7-11 pengguna), sebuah PC Host harus memiliki sebuah processor minimal 3.0 GHz atau yang setara prosesor dual-core dan RAM 2-3 GB.
Setiap kartu PCI X550 memerlukan sebuah slot PCI tinggi-penuh, sementara setiap X350 memerlukan baik sebuah slot PCI dengan tinggi-penuh atau setengah-tinggi
Lihat Fitur Panduan Konfigurasi Host di situs NComputing
Perangkat lunak yang mendukung Sebagian besar aplikasi PC termasuk browser, e-mail, office suite, media player, perangkat lunak pendidikan dan banyak lagi. Mendukung multimedia dan full-motion video, tetapi tidak dianjurkan untuk software 3D intensif.
Isi Kit X350 : Satu X350 kit mencakup tiga perangkat akses XD2, satu setengah-height PCI card (dengan baik full-height dan profil rendah kurung), vspace CD instalasi perangkat lunak dengan buku petunjuk, Panduan Instalasi Cepat, dan 6 mount sekrup untuk memantau pemasangan.X550 : Satu X550 kit meliputi lima XD2 perangkat akses, satu full-height PCI card, vspace CD instalasi perangkat lunak dengan buku petunjuk, Panduan Instalasi Cepat, dan 10 sekrup untuk pemasangan di monitor LCD.
PC Host, keyboard, mouse, speaker, kabel PC Induk (Host), PS / 2 keyboard, PS / 2 mouse, speaker, Kabel UTP Cat 5e / STP Cat 6, dan perangkat yang lain TIDAK termasuk paket kit dan harus dibeli secara terpisah.
Jumlah maksimum user per PC Setiap kit X350 menambahkan 3 pengguna ke PC Host. Maksimal dua kit dapat digunakan dengan satu PC untuk mendapatkan total tujuh pengguna (tiga untuk setiap kit plus satu pada PC).
Setiap X550 kit menambahkan 5 pengguna ke PC Host. Maksimal dua kit dapat digunakan dengan satu PC untuk mendapatkan total sebelas pengguna (lima untuk setiap kit plus satu pada PC).

Silahkan dilihat dan dipelajari lebih lanjut terkait produk PC-CLONING NComputing seri X ini pada bagian FAQ/DONLOT.

HARGA PRODUK PC-CLONING NComputing Seri X
1 unit Kit NComputing X350 Rp 2.700.000,-
(sehingga biaya [cost] per user = Rp 2,7 jt / 3 user = Rp 900 rb /user)
1 unit Kit NComputing X350 Rp 4.250.000,-
(sehingga biaya [cost] per user = Rp 4,25 jt / 5 user = Rp 850 rb /user)
DISKON Untuk pembelian Kit X350/550 dalam jumlah besar minimal 3 (tiga) unit ke atas akan memperoleh potongan harga (diskon) progresif sesuai jumlahnya.
Harga Reseller Bagi reseller, diberikan harga khusus, ketentuan terkait Reseller bisa dilihat pada bagian FAQ/DONLOT – Syarat & Ketentuan Reseller

BAB III
PENUTUP/SIMPULAN
Manfaat PC Cloning
• Hemat, karena Anda hanya membutuhkan satu unit computer berkecepatan tinggi untuk dijadikan Sender Sedangkan PC Client dapat menggunakan computer lama seperti PC 486 atau Pentium lama.
• Efisiensi, Instalasi semua aplikasi hanya dilakukan di Server. Computer Client hanya perlu system dengan Device hardware dengan spesifikasi yang lebih rendah.
• Bahkan computer client dapat bekerja tanpa Hard disk, cukup dengan disket (tentunya dengan proses modifikasi).
Fitur Utama & Manfaat
• Berbagi satu PC dengan sampai 11 (sebelas) pengguna (user)
• Memotong biaya pengadaan (hardware dan lisensi software), biaya operasional (seperti listrik) dan biaya perawatan (maintenance) hingga 70%
• Mudah untuk dipasang, dikelola dan diamankan
• Kompak dan dapat diandalkan (tidak ada kipas/fan atau harddisk)
• Energi yang efisien (1 watt per pengguna)
• Mendukung aplikasi standar termasuk multimedia dan video layar penuh• Mendukung standar dan resolusi layar lebar (hingga 1280×1024 atau 1440×900)
• Menghubungkan pengguna langsung ke PC Induk yang dipakai-bersama (share) menggunakan kabel standar sampai dengan jarak 10 meter (33 kaki)
• Produk termasuk software virtualisasi desktop vSpace™ yang handal, PCI card & perangkat keras XD2 untuk user lainnya

Kelemahan Penerapan PC Cloning
• Memperpendek umur hardware.
Bayangkan jika misalnya sebuah server harus melayani 50 unit komputer client secara terus menerus, maka lama-kelamaan hardware server akan aus.
• Penurunan kinerja server.
Jika jumlah client yang terkoneksi dengan server terlalu banyak maka akan menyebabkan kinerja server tersebut turun.

DAFTAR PUSTAKA

http://proxy.caw2.com/index.php?vit=uggc%3A%2F%2Fxybavatcp.jbeqcerff.pbz%2Fcebqhx%2Fcp-pybavat-apbzchgvat-k350-k550%2F
http://mcedit.blogspot.com/2009/07/apa-itu-pc-cloning.html
http://www.bikien.web.id/content/view/53/208/
http://rbsfm.ej.am/joomla/index.php?option=com_content&task=view&id=429&Itemid=29

Lampiran Gambar

Tentang jamik76

Jamik Udin Andika Guru TIK MA Al Maarif Didiklah anak-anakmu dengan cara/pola yang berbeda dengan kamu, karena mereka itu dilahirkan untuk hidup pada zaman yang berbeda dengan zamanmu (Umar Bin Khatab)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s