PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU

Nama : JAMIK UDIN ANDIKA, S.P
Nomor peserta : 10032022420150
Asal sekolah : MA ALMA’ARIF Jepara
Mapel : TIK

Tugas
TUGAS MATA LATIH
PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU

TUTOR Drs. SUSILO RAHARJO, M. Pd

Soal
1. Rancanglah pengembangan profesi diri anda sendiri agar mampu menjadi guru yang professional !
2. Hambatan apa sajakah yang mungkin anda jumpai dalam merealisasikan rencana pengembangan profesi anda tesebut !

Jawaban
Guru professional adalah sifat yang tekait dengan profesidengan demikian, guru professional adalh guru yang memiliki sifat, cirri cirri atau karakter sesuai denga jabatan profesinya. Antara lain terdidik, terlatih, kekhususan, otonom, terorganisasi, memiliki kode etik, berprestise/terpecaya, dedikasi/pengapdian, dan imbalan yang memadai (Soetjipto & Kosasi, 2004: 15-27)

Kami hanya sudah melakukan beberapa saja maka dari itu kami yang lulusan dari Sarjana Pertanian UNISMA 2001, bukan dari pendidikan mengakui belum mendapatkan SIM pendidik tetapi kami Alhamdulillah sudah mampu mengajar dari tahun 2004 menurut pengamatan pribadi sudah ada kemajuan dari tahun ketahun yang pada awal kami mengajar kami hanya mempuyai 3 komputer yang hanya bias digunakan satu unit computer pada waktu itu peserta didik terdapat 3 kelas dari kelas X, XI, XII rata-rata 35-40 siswa perkelas 3 tahun kemudian Alhamdulillah mendapatkan bantuan untuk membeli computer Pentium 4 sebanyak 15 unit dari situ kemudian yang semula praktek dikelas bergantian dengan berkelompok dan komputernya dibawa dikela karena belum ada lab computer. Semenjak adaya 15 unit computer yang berada di LAb computer kami sudah bias mengadakan praktek untuk MApel TIK dan dari situ kemajuan peserta didik dan kami guru yang lulusan bukan dari pendidik juga terbantu lebih dengan adanya itu pengajaran mapel TIK siswa lebih mahir dari tahun ketahun.
Dari permasalahan diatas ada masalah baru karena listrik terbatas 4400 Waat sedangkan pada tahun 2008 memperoleh bantuan LAB bahasa maka dari itu jika kami bersama-sama praktek maka listrik hanya kuat bertahan 30 menit kemudian mati karena kelebihan beban sehingga kedua mapel jika praktek dengan waktu bersamaan tidak bisa sehingga kami mendapatkan informasi dari internet ada PC cloning 40 unit computer bisa mengunakan 1 server CPU dengan penghematan software dan listrik namun masih terkendala oleh pendanaan.
Cita cita kami sebagai guru yang professional menginginkan banyak praktek dan sedikit teori agar peserta didik mampu dengan ketrampilan yang siap pakai jika sudah lulus dari MA Al Maarif Jepara. Karena dulu MA Al Maarif Jepara terkenal dengan ektra pramuka dan lebih dekat dengan masyarakat yang kental dengan Agama. Karena misi mencetak peserta didik berahlaqkul karimah yang berketrampilan teknologi. Sekarang kami PLPG sehingga kami nanti jika lulus mendapatkan sertifikasi dana tersebut akan kami mau kuliah lagi sehingga kami mendapatkan ijasah pendidikan S-1 ke dua. Dengan rencana tersebut kami memenuhi peryasaratan guru professional sejati dan bersamaan denga kami kuliah akan kami usahakan mencari dana untuk menjadikan Lab computer yang hemat listrik dengan PC Cloning yang masih janga di Indonesia.
Mahalnya biasa pengadaan membuat sekolah atau madrasah yang memiliki keterbatasan biaya hingga saat ini belum mampu memiliki Laboratorium Komputer. Selain pengadaan yang mungkin susah dijangkau akan terbentur juga masalah perawatan yang juga tidak sedikit. Olehnya itu ada solusi agar dengan biaya yang relatif hemat namun dapat memiliki jumlah unit yang tidak kalah saing dengan Lab Komputer yang sebenarnya.
PC-CLONING adalah sebuah teknologi mutakhir yang memungkinkan sebuah komputer (CPU) standar dapat dipakai bersama oleh lebih dari 1 user.
Anda akan menghemat pengeluaran karena cukup membayar 1 (unit) CPU untuk dipakai banyak pemakai sekaligus. Para pemakai akan merasakan seperti mempunyai komputer sendiri saat memakai aplikasi pada sistem PC-CLONING seperti : aplikasi office, grafis, browsing, email, dan multimedia.
Setiap pemakai memiliki keyboard, mouse, layar, pengaturan (setting), aplikasi dan data file sendiri-sendiri. Setiap pemakai dapat memakai aplikasi yang sama dan/atau berbeda dengan pemakai lain tanpa ada masalah.

Fitur Dan Keunggulan Pc-Cloning
 Hanya memakai sebuah komputer (CPU) dengan efisien untuk digunakan bersama hingga 30 pemakai sekaligus
 Memotong biaya pengadaan komputer (CPU) dalam jumlah besar secara signifikan
 Memotong biaya operasional rutin, seperti listrik bulanan dan maintenance (perawatan)
 Mudah dipasang, dipelihara dan aman.
 Setiap user dapat menjalankan aplikasi standar (spt : office, grafis, games) termasuk aplikasi multimedia dan video full-screen
 Mendukung resolusi standar & widescreen s/d 1280×1024 atau 1440×900 atau 1600×1200, baik 16 bit, 24 bit atau 32 bit warna
 Praktis dan handal dalam pemakaian
 Bentuk yang kecil sehingga hemat tempat (kira2 seukuran telapak tangan orang)
 Hemat energi, hanya butuh 1 watt/pemakai (seri X), 2 watt/pemakai (seri U) dan 5 watt/pemakai (seri L dan SUNDE) dan tidak menghasilkan panas
 Didukung oleh teknologi software terbaru vSpace (untuk jenis NComputing), yang sudah melalui proses pengembangkan dan penyempurnaan selama 12 tahun, yang telah dipakai oleh jutaan pemakai pc-cloning NComputing di seluruh dunia
 Dapat digunakan pada sistem operasi (OS) : Windows (XP Profesional/2003 Server/2007 Server) dan Linux Ubuntu
 Cocok untuk lab komputer sekolah/kampus, perkantoran/usaha, front office/kasir, rental komputer, warnet, akses umum, rumah sakit, ticketing, atau rumahan, dll
 Teknologi PC-CLONING (NComputing) ini telah digunakan di berbagai belahan dunia, seperti : AS, Macedonia, Turki, Australia, Afrika Selatan, Korea Selatan, Thailand, dsb.

Tujuan dari pembuatan laboratorium computer berbasis PC Cloning ini adalah :
1. Menyadarkan siswa akan potensi perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang terus berubah sehinga siswa termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat.
2. Memotivasi kemampuan siswa untuk bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi sehingga siswa bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan sehari-hari secara mandiri dan percaya diri.
3. Mengembangkan kemampuan kompetensi siswa dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar, dan berbagai aktifitas dalam aspek kehidupan sehari – hari
4. Mengembangkan kemampuan belajar berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal dan terampil dalam berkomunikasi, mengorganisasi informasi, belajar dan bekerjasama.
5. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif dan bertanggung jawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja dan pemecahan masalah.
6. Mempermudah dan mempercepat proses pengoreksian, penilaian dengan pengoreksian computer.
Meminimalisir anggaran sekolah, yang tujuan utamanya sama yaitu berkeinginan agar sekolah dapat memiliki laboratorium komputer yang jumlah unitnya lengkap satu kelas (Sesuai jumlah siswa setiap kelas) sehingga dengan adanya pc cloning dapat meningkatkan ketrampilan peserta didik.

GAMBAR
SKEMA DAN BOX PC CLONING

PC Desktop

Rujukan dari Buku Pendidikan dan Pelatihan profesi guru (PLPG) Sertifikasi Guru dalam jabatan , TIK, IKIP PGRI Semarang 2010.
http://www.tv-100.com/clone/
http://pckloning.wordpress.com/
http://nurmaulid.wordpress.com/2009/01/12/pc-cloninguntuk-warnet-dengan-budget-kecil/

Tentang jamik76

Jamik Udin Andika Guru TIK MA Al Maarif Didiklah anak-anakmu dengan cara/pola yang berbeda dengan kamu, karena mereka itu dilahirkan untuk hidup pada zaman yang berbeda dengan zamanmu (Umar Bin Khatab)
Pos ini dipublikasikan di Artikel TIK, Info PLPG, Informasi Permendiknas, Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s